SIMAK STIMIKSEPNOP Jayapura

logo web

PENDAHULUAN

Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Keuangan (disingkat SIMAK), adalah salah satu sistem yang digunakan untuk mengelola beberapa kegiatan akademik dan keuangan dari mahasiswa. SIMAK basis dekstop telah digunakan semenjak tahun 2012 untuk membantu BAAK dalam penata layanan kepada mahasiswa dan pada tahun 2018 versi web-nya telah dibangun untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kampus kepada mahasiswa.

PENGGUNA SIMAK

Pengguna SIMAK relatif cukup banyak dan kompleks, tetapi pada postingan ini hanya fokus kepada beberapa menu yang sangat penting untuk mahasiswa.

LAYANAN AKADEMIK & KEUANGAN

Adapun layanan akademik SIMAK, meliputi :

1. pengajuan krs

2. Informasi status krs

3. informasi jadwal perkuliahan

4. informasi nilai (hasil studi mahasiswa) setiap semester aktif

5. transkip nilai dan IPK mahasiswa, serta

6. informasi pembayaran uang kuliah mahasiswa

fasilitas tambahan adalah disediakannya chat online terkait aktifitas mahasiswa di SIMAK.

HALAMAN – HALAMAN

1. Menu PROFILE

Menu ini menyimpan semua informasi penting dari seorang mahasiswa. Seperti: Dosen Wali, IPK, Status kuliah tiap semester aktif, Teguran Program studi, Transkip Nilai / Kemajuan Studi, dan Jadwal Perkuliahan serta biodata mahasiswa.

2. Menu KRS atau PENGAJUAN KRS

Menu ini bersifat dinamis. Pada setiap awal semester label menu akan berubah dari KRS menjadi label PENGAJUAN KRS. Ini berarti mahasiswa sudah diijinkan untuk mengajukan KRS. Dan setelah pengajuan KRS mahasiswa mendapat persetujuan dari Ketua program studi maka label PENGAJUAN KRS akan berubah menjadi label KRS. Ini berarti mahasiswa telah selesai melakukan proses registrasi ulang dengan status kuliah adalah AKTIF.

PROSES PENGAJUAN KRS

AWAL SEMESTER

TAHAPAN PENGAJUAN

Jika mahasiswa telah menyelesaikan seluruh rangkaian alur pengurusan KRS ini dengan baik, maka status mahasiswa akan berubah dari TIDAK AKTIF menjadi AKTIF (dapat dilihat pada laman profile SIMAK).

MELIHAT STATUS PENGAJUAN KRS, langkah-langkahnya:

  1. Login akun SIMAK anda
  2. Klik/sentuh label menu PENGAJUAN KRS
  3. Anda akan mendapat pesan tentang posisi pengajuan KRS anda, apakah masih berada di Keuangan, Dosen Wali, atau Program studi.

3. MELIHAT NILAI MATAKULIAH PADA AKHIR SEMESTER

Untuk melihat nilai saat semester sedang berlangsung (semester belum berganti) mudah sekali. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Login akun SIMAK anda
  2. Klik/sentuh label menu KRS
  3. Jika dosen matakuliah sudah memberikan nilai, maka nilai akan ditampilkan.

Cara ini bisa anda gunakan pada setiap akhir semester (setelah pelaksanaan UAS) dilakukan. Seringlah mengecek nilai dari dosen matakuliah anda. Jika nilai tidak memuaskan anda dapat langsung menghubungi dosen yang bersangkutan.

4. MENU TAGIHAN PEMBAYARAN

Informasi Pembayaran uang kuliah, yang sudah dibayarkan, ataupun tunggakan untuk semua semester yang telah dilalui oleh mahasiswa

5. MENU PENELITIAN

Informasi seluruh penelitian mahasiswa yang berasal dari Kerja Praktek & Riset Informatika dan juga artikel ilmiah STIMIK Sepuluh Nopember yang telah dipublikasi oleh dosen dan dosen bersama mahasiswa

Untuk file penelitian, hanya dapat diunduh jika terhubung ke jaringan lokal kampus.

Untuk informasi keuangan, jika ada kekeliruan silahkan hubungi bagian keuangan.

untuk informasi Akademik seperti status, krs, usernama & password SIMAK dll, jika ada kekeliruan silahkan hubungi BAAK.

Teknik Informatika S1
Author: Teknik Informatika S1

Mengutamakan Komunikasi, Kerjasama, dan Kreatifitas. more at: http://ti.stimiksepnop.ac.id/tentang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.