Pelaksanaan Kerja Praktek Mahasiswa

logo web

PENDAHULUAN

Kerja Praktek (KP) adalah matakuliah yang bersifat aktifitas. Aktifitas yang dilakukan saat ini adalah berbaur, beradaptasi, dan menjadi bagian dalam lingkungan Instansi atau Perusahaan atau Industri atau Satuan pendidikan atau Organisasi profesi atau Organisasi kemasyarakatan disebut juga lokasi KP.

Ada 2(dua) tahapan KP, yakni:

1. Pelaksanaan KP

Pelaksanaan KP sesuai jadwal program studi, ditetapkan pada bulan setelah semester genap berakhir atau di bulan Juni s.d. Agustus.

Pelaksanaan KP, hanya diijinkan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan minimal 110 SKS atau akan memasuki semester 7(tujuh).

Pelaksanaan KP untuk saat ini adalah maksimal 1 bulan sejak mahasiswa ditempatkan di lokasi KP.

Tahapan Pelaksanaan ini terdiri dari tahapan lagi, agar mahasiswa dinyatakan telah menyelesaikan pelaksanaan KP dengan baik. Tahapan-tahapan tersebut antara lain:

Proses MENDAFTAR dapat dilakukan di laman MAHASISWA

Setelah tahapan di atas telah selesai, mahasiswa diperkenan untuk melaksanakan KP di lokasi.

TAHAPAN PELAKSANAAN

Adapun tahapan pelaksanaan dibagi dalam tiga waktu, yakni awal, pertengahan, dan akhir/penarikan KP. Untuk penjelasan dapat dilihat pada gambar berikut:

WARNING !!!

Mahasiswa WAJIB RUTIN melakukan konsultasi dengan dosen pembimbingnya.

2. Kontrak KP

Pada tahapan ini mahasiswa wajib melaksanakan beberapa aktifitas, antara lain:

a. Kontrak KP di KRS melalui SIMAK Web telah disetujui oleh dosen wali dan ketua program studi.

b. Melakukan pembimbingan dengan dosen pembimbing yang bertujuan untuk menyelesaikan penulisan

c. Pengujian

untuk tahapan (c)Pengujian, ada 2(dua) jenis pengujian, yakni:

1. pengujian dengan pihak dari lokasi KP

Pengujian yang dilakukan adalah pengujian system dan pengujian acceptence dari sistem/aplikasi yang telah selesai dibangun.

Teknis pengujiannya adalah
a. presentasi oleh mahasiswa dan

b. pengujian dari fungsionalitas sistem / aplikasi

c. pengujian acceptence setelah pengujian sistem selesai dilakukan atau setelah sistem/aplikasi digunakan.

Pada pengujian ini, adalah momen dimana pihak di lokasi menentukan sudah atau akan menggunakan sistem atau aplikasi tersebut. Kebenaran bahwa pihak di lokasi telah menggunakan sistem atau aplikasi dibuktikan dengan Letter of Acceptence (LoA) sistem atau aplikasi dari lokasi KP.

2. pengujian dengan dosen pembimbing.

pengujian akademik (penguasaan & pemahaman) terhadap topik KP, penulisan, dan hasil KP (fungsionalitas sistem).

Untuk pedoman, sanksi, dan mekanisme teknis detail lainnya serta dokumen-dokumen KP dapat dilihat melalui laman mahasiswa.

Teknik Informatika S1
Author: Teknik Informatika S1

Mengutamakan Komunikasi, Kerjasama, dan Kreatifitas. more at: http://ti.stimiksepnop.ac.id/tentang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.